Cara Membuat Artikel SEO Friendly Terbaru

Cara dan Tips Membuat Artikel SEO - Kualitas SEO satu buah web tidak hanya ditentukan oleh template, pemilihan keyword global, atau link building berkualitas, meskipun pada akhirnya poin-poin tersebut sama pentingnya, namun dapat saya memberitahu semua itu akan sia-sia kalau kita tidak memikirkan konten, atau dalam hal ini, artikel situs. Postingan blog merupakan menu utama, yang harus dipikirkan terlebih dahulu melebihi yang lainnya. Percuma saudara punya berbagai macam trik SEO yang telah beserta siap diluncurkan, namun web kamu tidak mempunyai postingan memadai untuk melakukan membuat blog seo tersebut.
Selainnya, kekayaan media keyword natural sebenarnya tidak terletak pada meta deskripsi, title, bersama bagian-bagian yang dipaksakan untuk memperbanyak keyword, karena itu justru bisa melukai SEO situs. Kekayaan keyword natural justru didapat dari berbagai kombinasi konten artikel; semakin artikel bagus, berkualitas, lebih dari satu beserta memperhatikan aspek-aspek penting SEO, semakin kaya variasi keyword natural sebuah blog.
Berdasarkan argumentasi di atas, dapat kita saksikan bahwa artikel website memiliki perbedaan signifikan dengan type-type artikel lainnya. Seorang penulis artikel dapat saja membuat postingan yang demikian panjang dengan isi yang amat pasti, lugas, menyentuh, kreatif, deskriptif, informatif, solutif, analogis, metaforis, mendayu-dayu dan seterusnya. Tapi belum tentu dia bisa mencatat postingan situs. Why? Karena ada satu poin yang belum disentuh: sisi SEO artikel. Inilah yang membedakan engkau, aku sebagai penulis blog (blogger) bersama penulis media lainnya.

    Artikel situs tentu saja harus tetap mempersembahkan perhatian penuh pada pembaca, memasrahkan solusi, menghibur, informatif, bersama memegang teguh prinsip-prinsip kepenulisan, tapi tidak dapat lepas dari konteks SEO, dimana kita memperjuangkan postingan berkualitas yang ditulis agar bisa timbul dengan baik di SERP, sampai jadi tidak sia-sia.

Berikut beberapa tips dalam proses penulisan postingan situs yang memperhatikan aspek-aspek SEO



A. Hal-hal yang perlu dilakukan Sebelum Posting/ mencatat postingan blog
Pada tahap ini, jangan membuka peralatan apapun untuk menulis, jangan buka MS word, notepad, atau post editor di  dashboard. Ada saatnya, tapi bukan sekarang.
1. Memilih topik yang tepat
Memilih topik post adalah salah satu aspek penting yang tidak bisa disepelekan. Ini garis besarnya: kalau engkau menginginkan topik yang ter banyak dicari, maka kamu harus menentukan topik yang diinginkan pembaca. Ini bukan berarti engkau lepas dari niche atau bidang kepenulisan yang engkau sukai, tapi topik yang dipilih (setidaknya buat saat ini) mempunyai nilai atau value untuk pembaca yang menginginkannya.
Akan lebih hebat lagi kalau topik yang dipilih bisa bertahan lama bersama bahkan merupakan "topik abadi". Syarat utamanya merupakan postingan tersebut harus unik beserta original. Sehingga pembaca hanya akan, setidaknya dalam waktu tertentu, mendapati pembahasan atau solusi pada topik tersebut hanya dalam postingan saudara. Meskipun topik yang kamu pilih sama dengan beberapa artikel web lain, kamu harus menentukan bahwa apa yang ada di dalam artikel saudara berbeda dengan yang lainnya. Inilah yang disebut unik bersama original. You have something to offer that others don't, saudara punya sesuatu untuk diberikan dimana yang lain tidak memilikinya.
2. Mengerjakan analisis kompetisi
kerap perhatikan apa yang dijalankan situs kompetitor, yaitu blog yang memiliki niche, topik, atau ruang tema sejenis dengan website engkau; termasuk di antaranya merupakan: strategi artikel yang mereka gunakan, postingan apa yang mereka tulis beserta post, bagaimana peringkat SERP postingan artikelnya, dan lain sebagainya. Jadikan poin-poin tersebut selaku petunjuk.
Yang aku maksud dengan "petunjuk" bukan berarti meniru atau bahkan copas artikel mereka. Menjadikan selaku petunjuk berarti mencari celah apa saja yang belum diisi, mencontoh strategi penulisan agar bagus di SERP, beserta memandang peluang-kemungkinan emas yang belum diambil oleh web-web kompetitor. Kesalahan terbesar situs-situs yang cuma menjadi "pengikut tanpa arah" adalah mereka melihat suatu artikel bagus kemudian copas habis-habisan isinya, sedkit modifikasi, lalu menerbitkannya seketika; tidak jarang dalam masa yang hampir bersamaan setelah artikel asli diterbitkan. Ini yang membangun search engine segera curiga, penulis artikel asli curiga, bersama akhirnya tidak hanya SEO-nya saja yang jelek, tapi juga predikat situs tersebut di mata blogger lain. Apalagi saat ini algoritma spam Blogger mulai mentarget website-blog copas secara bertahap, tanpa laporan DMCA (contoh: terselubung, jiplakers). Makin runyam.
3. Melakukan cek beserta prediksi trend
Trend berkaitan dengan apa yang sedang hangat diperbincangkan, dicari, menjadi fokus perhatian, atau hal yang menjadi topik tak terpisahkan dari kehidupan (biasa aku sebut sebagai trend abadi). Pastikan engkau kerap mengikuti berbagai trend yang sedang terjadi, menjadi perbincangan banyak orang, bersama ter lebih dari satu disebutkan. Selalu libatkan diri engkau dalam berbagai social media, lembaga, beserta lain-lain. Membangun postingan/post yang setimpal dengan trend tidak hanya akan mencangking banyak pendatang beserta pembaca, tapi pun akan menunjukkan pada search engine bahwa blog anda benar-benar dinamis bersama menyiapkan konten yang selalu bersih dan sehat beserta baru kepada pembaca.
Prediksi berkaitan dengan analisa terhadap trend apa yang akan secepatnya terjadi dalam waktu terdekat. Kemampuan melakukan prediksi ini tentu berkaitan dengan kedekatan saudara dengan berbagai media serta trend yang terjadi saat ini, sebab trend sekarang menunjukkan apa yang segera menjadi trend di waktu mendatang. Sebagai contoh, saat trend Korea (korean wave) mulai tercium baunya sejak medio 2010, saya telah mencatat beberapa postingan untuk klien beberapa masa sebelumnya. Dapat ditebak, pada ketika trend ini booming, postingan-postingan tersebut sudah berada di ranking atas SE karena sebelumnya telah mendapatkan optimasi beserta selangkah lebih maju dari-dari postingan-artikel sejenis setelahnya.
4. Menentukan kelayakan artikel: memperhatikan pendatang beserta SEO
Pada akhirnya, strategi ini melibatkan dua fokus: keperluan pengunjung bersama keperluan SEO (dalam hal ini search engine). Keduanya bersifat sinergis, sebab apa yang biasanya bermanfaat beserta menanggapi keperluan pengunjung merupakan apa yang dibutuhkan oleh search engine. Apakah artikel yang akan kamu tulis memiliki kriteria untuk keduanya? Termasuk di antaranya adalah: trend dan keyword. Sah-sah saja sebetulnya menulis artikel situs apapun, termasuk "kegiatan saya sebelum mandi pagi" atau "nama-nama kucing aku", tapi apakah itu penting buat menanggapi keperluan pengunjung sudah biasa , beserta apakah keyword tersebut bisa menjadi keyword penting di search engine? You have to think about it in the first place. Bila layak, lanjutkan. Bila tidak, terserah anda...
Note: Ingat, topik yang sedang kita bicarakan adalah postingan SEO Friendly, bukan postingan diari atau curhat. :)
5. Analisis Keyword
Jadi saudara akhirnya memutuskan buat menulis sebuah postingan web. Tapi, stop! Tunggu dulu. Engkau harus memikirkan kata-kata penting (baca: keyword) yang harus saudara gunakan. Analisis keyword melatih kapasitas engkau memakai dan mengolah kata-kata dan rangkaian kata "yang ter dicari" oleh pengunjung di search engine. Ada berbagai macam strategi dan alat untuk melakukan analisis keyword. Engkau dapat melancarkan dengan analisis keyword minimalis ini. Menentukan keyword secara efektif akan membuat postingan yang ditulis tidak sia-sia beserta kandas di persaingan SERP bersama menghindarkan postingan dari pembanjiran keyword yang merusak artikel serta melukai SEO web yang sudah kamu bangun (penalti/banned).
B. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan ketika mencatat artikel blog
selaku penulis website, wajib hukumnya memperhatikan hal-hal teknis bersama non teknis, terutama hal-hal yang berkaitan dengan SEO.
6. Merancang judul postingan situs
"Judul adalah mahkota tulisan", kata orang (siapa ya orangnya?). Betul adanya menurut saya, bagus untuk pendatang maupun search engine. Bagi SE, dalam beberapa kasus sudah biasa , judul mempunyai bobot keyword tinggi, sehingga perlu diperhatikan keyword apa yang menjadi target bersama harus digunakan. Pastikan keyword penting ada di dalam judul, namun hindari pengulangan atau pembanjiran keyword. Di sisi lain, saudara tetap harus memperhatikan pendatang, pastikan judul anda cukup memaparkan isi postingan (cukup deskriptif dan jelas), bersama variatif.
Judul yang memperhatikan keyword bersama kreatif memiliki nilai plus untuk search engine sekaligus pengunjung. Jika saudara ingin memperkuat keyword, pastikan beberapa keyword ada di depan. Jika susunan title tag saudara merupakan sebutan situs:judul artikel (default blogger), pastikan buat merombak susunan title tag tersebut. Namun perhatikan kebutuhan bersama daya tarik judul agar tetap menarik bersama membuat penasaran pembaca.
7. Memaksimalkan Permalink
Permalink Blogger (khususnya) mempunyai batasan jumlah karakter, tergantung panjang kata yang engkau gunakan (meski sekarang batasan karakter lebih panjang dari sebelumnya), namun ada kalanya terputus di tengah judul artikel. Pastikan permalink kamu terisi keyword penting dan tidak terputus dengan mengeditnya memakai fitur blogger custom permalink, hindari fungsi automatic permalink. Pada WordPress, edit permalink lebih mudah lagi, kamu dapat mengutak-atiknya langsung pada permalink editor di bawah kolom judul. Tidak semua kata harus masuk ke dalam permalink, bila perlu hilangkan kata-kata yang termasuk stop words semacam beserta, yang, di, beserta sejenisnya. Kadang aku menghindari kata-kata tidak penting lainnya beserta hanya memasukkan 4 sampai 5 kata penting.
Kadang saya pun mengerjakan uji coba dengan memakai keyword yang sama sekali beda, tapi itu buat kebutuhan uji coba
8. Buka artikel dengan keyword-keyword penting
Terkadang poin ini disalahartikan selaku mengulang judul pada paragraf pertama, sebenarnya maksudnya bukan itu. Sering aku memandang postingan yang bunyinya begini, "Halo, pada kesempatan kali ini aku kepengen membahas [judul artikel]", bahkan [judul artikel] seringkali ditulis beberapa kali di paragraf pertama. Poinnya bukan itu. Kita dapat menulis paragraf perkenalan dengan lebih tajir, komunikatif, dan kreatif. Poinnya merupakan penekanan beserta variasi keyword, bukan pengulangan susunan keyword, umpamanya, "Hai, sobat Blogger! Dulu kita kesusahan mengatur permalink artikel blog untuk kepentingan SEO, tapi sekarang, sebab ditambahkannya fitur Blogger Custom permalink, membereskan isi URL halaman post lebih gampang, dan optimasi permalink jadi maksimal".
Ada kalanya aku sama sekali tidak membahas perihal  topik yang dibicarakan pada paragraf pertama. Tapi sekali lagi itu untuk uji coba, basa-basi, beserta sesekali tidak memperhatikan SEO. Bagi aku ini penting buat naturalisasi keseluruhan konten blog  .
9. Penggunaan format heading, bold, italic, underline
Dalam konteks platform Blogger, heading memiliki 3 model tingkatan: heading (h2), subheading (h3), bersama minor heading (h4). Heading sudah jelas merupakan judul situs (jika menggunakan h2), terkadang judul situs menggunakan h1 dan h3, semua terpaut template saudara. Pastikan anda menggunakan sub judul pada postingan untuk memisah beberapa poin penting. Untuk search engine, ini merupakan penekanan penting beserta ejawantah atau pemecahan judul utama (judul artikel). Bila halaman postingan saudara memakai H2 sebagai judul, maka sub judul harus di bawahnya (h3 bersama h4). Di WordPress, fitur ini bahkan hingga H6, namun H5 beserta H6 dianggap kecil bobotnya, sehingga aku sarankan tidak digunakan di dalam post.
Penggunaan format bold (cetak tebal), italic (cetak miring), beserta underline (garis bawah) juga mempunyai fungsi penekanan, ketiganya di-markup oleh tag b, tag i, beserta tag u. Pastikan menggunakan salah satu dari ketiga format tersebut buat memberikan penekanan pada kalimat, kata, atau keyword penting. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu berlebihan.

Penggunaan bold, italic, dan underline melalui styling (CSS) tidak aku anjurkan, karena tidak dibaca Google. Gunakan langsung fitur bold, italic, bersama underline di atas post editor atau gunakan fungsi control di keyboard (CTRL+B/I/U), karena memakai tag HTML bersama bukan styling.

Kedua model penekanan tersebut membikin pembaca lebih mudah mengerjakan sorting atau perunutan konten serta memberikan fokus pada sesuatu yang ditekankan. Bagi search engine, penggunaan tag heading, bold, italic, dan underline mempersembahkan informasi bahwa suatu kata, kalimat, atau bagian tertentu mempunyai nilai penting sampai jadi diberi bobot lebih.

10. Meta Deskripsi
Pastikan untuk kerap mengisi meta deskripsi post di dalam fitur search description, letaknya di panel/sidebar kanan bawah. Yang perlu diperhatikan adalah meta deskripsi harus unik, jangan asal comot dari artikel. Bila sama, maka tidak ada variasi keyword yang seharusnya penting. Menonton meta deskripsi selaku fitur tambahan yang menguntungkan, jangan malas-malasan mengisinya. Sediakan beberapa menit untuk merancang meta deskripsi unik serta memiliki rangkaian keyword penting. Simak: memakai bersama mengoptimalkan Meta Deskripsi Blogger. Saya tidak menyarankan penggunaan meta deskripsi dinamis bersama otomatis, sebab terlihat tidak profesional, hanya pengulangan judul, spammy, berbahaya untuk SEO situs, beserta tentu menunjukkan kemalasan pemilik website.

11. Internal & external linking
Linking menuju posting lain yang bersifat referensial sangat penting. Bagi pengunjung, link-link di dalam post menunjukkan sekaligus mendorong pendatang pada postingan lain yang menjadi referensi, baik postingan-artikel di dalam situs sendiri maupun web/website lain. Mereka dapat mendapatkan sumber informasi lebih mendalam pada suatu topik atau tema yang berkaitan dengan topik di dalam artikel yang dibacanya.

Internal linking membuat search engine mudah menemukan (memetakan) bersama memberi bobot (pass pagerank) pada artikel lain yang dirujukkan. Internal linking pula mempunyai manfaat dalam menunjukkan otoritas blog saudara serta mengurangi bounce rate (dengan cara menambah pageview).

External linking untuk Google pula penting, sebab Google akan melihat kamu memiliki referensi kemana saja, referensi atau linkback ke situs berkualitas atau menjadi sumber akan membangun artikel engkau natural, sebab engkau merujukkan hasil research atau pengutipan sumber dengan pasti. Untuk pengunjung eksternal linking memberikan kesan bahwa situs/website engkau mempunyai hubungan dengan web lain, dan tidak menyendiri. Pastikan dengan betul kapan engkau harus menofollow satu buah tautan eskternal apabila tentulah kamu tidak mengakui dengan kualitasnya. Tapi perhatikan bahwa saudara harus memberikan penghargaan dofollow pada suatu link sumber dimana saudara memungut atau mengutip konten selaku wujud atribusi kepada sumber aslinya. Jangan takut pass pagerank atau memberikan backlink, justru tidak wajar kalau satu buah situs tidak mempunyai link keluar sama sekali.

12. Anchor text
Anchor text merupakan teks dimana sebuah link disisipkan. Aku sarankan buat lebih membuat variasi terhadap anchor text, hindari anchor text yang selalu exact, atau setimpal dengan keyword yang ditarget, buat variasi dengan kata-kata lain yang memungkinkan. Upayakan meminimalisir atau bahkan tidak memakai anchor text yang terdiri dari hanya satu kata saja. Penguin telah menunjukkan kegarangannya bersama kita mesti mewaspadai ini. Bahkan menurut saya, saat ini variasi dengan sebaris kalimat sebagai anchor text justru terlihat wajar beserta tidak mengada-ada.
Selengkapnya:

    mengoptimalkan Anchor Text buat pengunjung beserta SEO

13. Penggunaan foto dan media visual lain
Penggunaan potret pun memberikan nilai tersendiri terhadap search engine, selain tentu buat pendatang. Search engine akan melihat konten engkau kaya, sebab pula memakai media gambar selaku bagian dari konten. Potret dapat digunakan sebagai infographic, satu buah media untuk mengatakan ide, gagasan, analisis, panduan, dll dalam bentuk foto. Atau kamu dapat menggunakan gambar buat menunjukkan poin penting, misalnya menunjukkan bagian tertentu dari sebuah software. Terlebih lagi bila saudara memakai video saudara untuk memaparkan, membahas, atau menunjukkan suatu hal penting, maka value postingan saudara lebih tinggi lagi.

14. Mengoptimalkan ukuran file gambar
Loading halaman website/website masih menjadi isu penting untuk search engine. Oleh sebab itu, sebisa mungkin optimalkan media (terutama potret) agar tidak mengganggu loading halaman postingan. Format potret juga penting, jika anda hanya butuh foto statis, tidak transparan, gunakan saja format ekstensi JPG, karena lebih tidak berat beserta biasanya memiliki ukuran file lebih kecil. Kompres gambar dengan berbagai tool yang tersedia, kalau terpaksa harus menggunakan PNG untuk mengejar trasparansi bersama kualitas, gunakan PNG compressor ini. Gunakan GIF bila memang benar-betul dibutuhkan buat menampilkan animasi dan lakukan optimasi (menambah kecepatan atau melakukan kompresi) jika memungkinkan.

15. Optimasi nama file foto bersama atribut ALT
seperti dulu yang pernah saya bahas, sebutan file gambar (atau file apapun) yang kita upload akan memiliki direct link/url, sama contohnya halaman situs. Bila kita memberi nama file dengan bagus dan betul setimpal konsep optimasi keyword, maka file tersebut tidak akan sia-sia ketika kita sisipkan ke dalam konten. Jadi pastikan untuk meluangkan masa mengerjakan rename/memberi nama file dengan keyword penting sebelum diupload.

    Http://hosting-file(dot)com/ggglll/keyword.Jpg.

Jangan lupa pula menyisipkan alt text berisi keyword penting ke dalam tag gambar, fungsinya adalah selaku text (bersama anchor text bila diapit atribut link), sampai jadi teks tersebut akan terbaca juga oleh Google.
That's it. Silahkan tinggalkan pendapat, masukan, atau apapun via pendapat. Have a nice blogging!
      

kata kunci yang baru dicari : Cara Membuat Artikel SEO Friendly Terbaru

Title : Cara Membuat Artikel SEO Friendly Terbaru
Description : Cara dan Tips Membuat Artikel SEO - Kualitas SEO satu buah web tidak hanya ditentukan oleh template, pemilihan keyword global, atau link b...

4 Responses to " Cara Membuat Artikel SEO Friendly Terbaru "

  1. Penjelasannya sangat lengkap.Saya suka tulisan anda tentang;Penguin telah menunjukkan kegarangannya bersama kita mesti mewaspadai ini. Bahkan menurut saya, saat ini variasi dengan sebaris kalimat sebagai anchor text justru terlihat wajar beserta tidak mengada-ada.

    BalasHapus
  2. gamblang dan super jelas sekali penjabarannya, tapi saya ngasih saran, supaya lebih singkat, padat dan to the poin...terima kasih

    BalasHapus

Berkomentarlah yang cerdas !!!
Jangan menyertakan http://yoursite.blogspot.com
di kotak komentar termasuk dengan syntax a href di dalam kotak komentar.

KOMENTAR DOFOLLOW

Jangan pernah bosan berkunjung kembali.

Terimakasih