Diberdayakan oleh Blogger.

Contoh Makalah Kewirausahaan Lengkap

Contoh Makalah Kewirausahaan Lengkap - contoh makalah kewirausahaan,




                                                     MAKALAH KEWIRAUSAHAAN



KATA PENGANTAR

            Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT. Selain itu, penulis juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik iman maupun islam.

            Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini yang merupakan tugas mata kuliah Kewirausahhan. Penulis sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan, Lilik Setiono, S.Pd.Si, M.Pd.Si. dan semua pihak yang turut membantu proses penyusunan makalah ini.

            Penulis menyadari dalam makalah ini masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.

            Demikian semoga makalah ini memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Amin.

Yogyakarta , 4 April 2012

                                                                                                     Penulis

makalah

kewirausahaan

makalah ini disusun faedah mencukupi tugas

mata kuliah kewirausahaan

dosen pembimbing : Edyy Joenaedy, spd.

disusun oleh :

Edyy Joenaedy
10690039

pendidikan fisika

fakultas sains serta teknologi

uin sunan kalijaga yogyakarta

2012

kata pengantar

puji dan syukur marilah kita panjatkan pada kehadirat allah swt yang udahberikandemikian banyak nikmat yang mana makhluk-nya lantastak akanmengertidemikian banyak nikmat yang udahditemui dari allah swt. disamping itu, penulis juga terasaamat bersyukur dikarenakanudahmemperoleh hidayah-nya baik iman atau islam.

dengan nikmat serta hidayah-nya juga kami mampumerampungkan penulisan makalah ini yang disebut tugas mata kuliah kewirausahhan. penulis berikan terimakasih sebesar-besarnya pada dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan, lilik setiono, s. pd. si, m. pd. si. sertaseluruh pihak yang turut menolongsistem penyusunan makalah ini.

penulis mengertididalam makalah ini tetapdemikian banyak kekurangan-kekurangan serta kesalahan-kesalahan baik dari berisiataususunan penulisannya, oleh dikarenakan itu penulis amatmenginginkan kritik sertarekomendasi positif untuk perbaikan masa yang akan datang.

demikianlah semoga makalah ini berikanfungsikebanyakan pada banyak pembaca sertaterutamauntuk penulis sendiri. amin.

yogyakarta, 4 april 2012

penulis

BAB I

PENDAHULUAN

a. latar belakang

kewirausahaan ( entrepreneurship ) yaitu sistem mengidentifikasi, mengembangkan, serta membawa visi ke didalam kehidupan. visi tersebut dapat berbentuk inspirasi inovatif, kesempatan, cara yang tambah baik saat menjalankan suatu hal. hasil akhir dari sistem tersebut yaitu penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

wira usaha dengan historis telah dikenal sejak diperkenalkan oleh richard castillon pada th. 1755. sebagian arti wira usaha seperti di belanda dikenadengan ondernemer, di jerman dikenal dengan unternehmer. pendidikan kewirausahaan mulai dirintis sejak 1950-an di sebagian negara seperti eropa, amerika, serta kanada. apalagi sejak 1970-an banyak kampus yang mengajarkan kewirausahaan atau manajemen usaha kecil. pada th. 1980-an, nyaris 500 sekolah di amerika serikat berikan pendidikan kewirausahaan. di indonesia, kewirausahaan dipelajari baru terbatas pada sebagian sekolah atau perguruan tinggi spesifik saja. searah dengan perubahan serta tantangan seperti ada krisis ekonomi, pemahaman kewirausahaan baik melewati pendidikan resmi ataupun pelatihan-pelatihan di semua susunan penduduk kewirausahaan jadi berkembang.

orang yang lakukan aktivitas kewirausahaan dimaksud wirausahawan. nampak pertanyaan kenapa seorang wirausahawan ( pengusaha ) memiliki cara berpikir yang tidak sama dari manusia biasanya. mereka memiliki semangat, panggilan jiwa, persepsi serta emosi yang amat berkenaan dengan nilai nilai, sikap serta tingkah laku sebagai manusia unggul.

pada makalah ini diterangkan perihal pengertian, hakekat, tanda-tanda serta cii-ciriistik serta peran kewirausahaan didalam perekonomian nasional.

b. tema bahasan

1. pengertian kewirausahaan

2. hakekat kewirausahaan

3. ciri – ciri serta cii-ciriistik kewirausahaan

4. peran kewirausahaan didalam perekonomian nasional

c. tujuan

1. bisa mengerti pengertian kewirausahaan.

2. bisa mengerti hakekat kewirausahaan

3. bisa mengerti ciri – ciri serta cii-ciriistik kewirausahaan.

4. dapar, mengerti peran kewirausahaan didalam perekonomian nasional.

BAB II

PEMBAHASAN

a. pengertian kewirausahaan

datang dari kata enterpteneur yang bermakna orang yang beli barang dengan harga tentu walau orang itu belum tahu berapakah harga barang yang dapat dijual. wira usaha kerap juga dimaksud wiraswasta yang berarti karakter-sifat keberanian, keutamaan, keteladanan saat mengambil efek yang bersumber pada kekuatan sendiri. walau demikianlah wira usaha serta wiraswasta sesungguhnya mempunyai makna yang tidak sama. wiraswasta tidak mempunyai visi pengembangan usaha namun wira usaha dapat terus berkembang serta coba usaha yang lain. arti yang lain yang semakna dengan wira usaha yaitu wiraswasta. arti wiraswasta seringkali digunakan serta lebih dikenal dari pada wira usaha. walau sebenarnya, keduanya berarti sama serta adalah padanan dari kata pengusaha. kata wiraswasta datang dari paduan wira-swa-sta didalam bhs sansekerta. wira bermakna utama, gagah, luhur, berani, teladan, atau pejuang ; swa bermakna sendiri atau mandiri ; sta bermakna berdiri ; swasta bermakna berdiri ditas kaki sendiri atau dengan kata lain berdiri diatas kekuatan sendiri. namun wirausahawan memiliki kandungan makna dengan harfah, wira bermakna berani serta usaha bermakna daya usaha atau dengan kata lain wira usaha yaitu kekuatan atau keberanian yang dimiliki oleh seseorang untuk lihat serta menilai peluang usaha, menghimpun sumber daya yang diperlukan untuk mengambil tindakan yang pas serta mengambil keuntungan dalam rencana menggapai keberhasilan.

menurut arti-makna tersebut, kata wiraswasta atau wira usaha bermakna pejuang yang gagah, luhur, berani serta pantas jadi teladan di bidang bisnis. dengan kata-kata lain, wira usaha yaitu orang-orang yang memiliki karakter-sifat kewiraswastaan atau kewira-usahaan. ia berlaku berani unuk mengambil efek. ia juga mempunyai leutamaan, kreatifitas, serta teladan saat menangani usaha atau perusahaan. keberaniannya berdasar pada kekuatan sendiri atau kemandiriannya. pengertian yang lain mengatakan kewirausahaan yaitu sistem menciptakan suatu hal yang lain gunakan waktu serta aktivitas dibarengi modal serta efek dan terima balas jasa serta kepuasan dan kebebasan pribadi.

kewirausahaan mempunyai makna yang berlainan antar beberapa pakar atau sumber acuan dikarenakan berlainan titik berat serta penekanannya. richard cantillon ( 1775 ) contohnya, mendeskripsikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri ( self-employment ). seorang wirausahawan beli barang sekarang ini pada harga spesifik serta menjualnya pada saat yang akan tiba dengan harga tidak menentu. lantas definisi inikewirausahaan yaitu lebih menghimpitkan pada bagaimana seseorang hadapi risiko atau ketidakpastian. tidak sama dengan beberapa pakar yang lain, menurut penrose ( 1963 ) aktivitas kewirausahaan termasuk indentfikasi peluang-peluang didalam sistem ekonomi namun menurut harvey leibenstein ( 1968, 1979 ) kewirausahaan termasuk aktivitas yang diperlukan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada waktu seluruh pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui seutuhnya serta menurut peter drucker, kewirausahaan yaitu kekuatan untuk menciptakan suatu hal yang baru serta tidak sama.

menurut serta steinhoff serta john f. burgess ( 1993 :35 ) wira usaha yaitu orang yang mengorganisir, mengelola serta berani menanggung efek untuk menciptakan usaha baru serta kesempatan berupaya. dengan esensi pengertian entrepreneurship yaitu satu sikap mental, pandangan, wawasan dan pola pikir serta pola tindak seseorang pada tugas-tugas sebagai tanggungjawabnya serta senantiasa bertujuan pada pelanggan. atau bisa juga disimpulkan sebagai seluruh tindakan dari seseorang yang dapat berikan nilai pada tugas serta tanggungjawabnya. adapun kewirausahaan adalah sikap mental serta karakter jiwa yang senantiasa aktif didalam berupaya untuk memajukan karya baktinya dalam rencana usaha menambah pendapatan didalam aktivitas usahanya. disamping itu kewirausahan yaitu kekuatan kreatif serta inovatif yang jadikan dasar, strategi, serta sumber daya untuk melacak kesempatan menuju berhasil. inti dari kewirausahaan yaitu kekuatan untuk menciptakan seuatu yang baru serta tidak sama ( create new and different ) melaui berpikir kreatif serta melakukan tindakan inovatif untuk menciptakan kesempatan saat menghadapi tantangan hidup. pada hakekatnya kewirausahaan yaitu karakter, ciri, serta watak seseorang yang mempunyai tekad saat mewujudkan ide inovatif kedalam dunia nyata dengan kreatif.

b. hakekat kewirausahaan

dari sebagian rencana yang ada ada 6 hakekat mutlak kewirausahaan seperti berikut ( suryana, 2003 : 13 ), yakni :

1. kewirausahaan yaitu satu nilai yang diwujudkan didalam tingkah laku yang jadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, strategi, sistem, serta hasil usaha ( acmad sanusi, 1994 ).

2. kewirausahaan yaitu satu kekuatan untuk menciptakan suatu hal yang baru serta tidak sama ( ability to create the new and different ) ( drucker, 1959 ).

3. kewirausahaan yaitu satu sistem penerapan kreativitas serta inovasi saat memecahkan masalah serta mendapatkan kesempatan untuk melakukan perbaikan kehidupan ( zimmerer. 1996 ).

4. kewirausahaan yaitu satu nilai yang dibutuhkan untuk mengawali satu usaha ( start-up phase ) serta perubahan usaha ( venture growth ) ( soeharto prawiro, 1997 ).

5. kewirausahaan yaitu satu sistem saat mengerjakan suatu hal yang baru ( creative ), serta suatu hal yang tidak sama ( inovative ) yang berguna berikan nilai plus.

6. kewirausahaan yaitu usaha menciptakan nilai makin dengan jalur menggabungkan sumber-sumber melaui beberapa cara baru serta tidak sama untuk memenangkan persaingan. nilai makin tersebut bisa diciptakan lewat cara mengembangkan teknologi baru, mendapatkan pengetahuan baru, mendapatkan cara baru untuk membuahkan barang serta jasa yang baru yang lebih efektif, melakukan perbaikan product serta jasa yang telah ada, serta mendapatkan cara baru untuk berikan kepuasan pada customer.

 c. ciri - ciri serta ciri- ciri karekter kewirausahaan
tanda-tanda seorang wirausahaan yaitu :
· yakin diri
· berorientasikan tugas serta hasil
· pengambil risiko
· kepemimpinan
· keorisinilan
· bertujuan ke hari esok
· jujur serta tekun

menurut munawir yusuf ( 1999 )
ciri kewirausahaan yakni :
1. semangat berprestasi
2. kemandirian
3. kreativitas
4. pengambilan efek ( tengah )
5. keuletan
6. tujuan hari esok
7. komunikatif serta reflektif
8. kepemimpinan
9. locus of contro
10. tingkah laku instrumental
11. penghargaan pada duit.

ciri serta kekuatan wirausahaan tangguh :
· berpikir serta melakukan tindakan strategik, adaptif pada pergantian didalam berupaya melacak kesempatan keuntungan terhitung yang memiliki kandungan efek agak besar serta dalam
menangani masalah.
· senantiasa berupaya untuk memperoleh keuntungan melewati beragam keunggulan saat memuaskan berlangganan.
· berupaya mengetahui serta mengendalikan kemampuan serta kelemahan perusahaan ( serta pengusahanya ) dan menambah kekuatan dengan sistem pengendalian intern.
· senantiasa berupaya menambah kekuatan serta ketangguhan perusahaan terlebih dengan pembinaan semangat serta motivasi kerja dan pemupukan permodalan.

tanda-tanda seorang wirausahaan yaitu :
· mempunyai karakter kepercayaan, kemandirian, individualitas, optimisme.
· senantiasa berupaya untuk berprestasi, bertujuan pada laba, mempunyai ketekunan serta ketabahan, mempunyai kemauan yang kuat, senang bekerja keras, energik ddan mempunyai inisiatif.
· mempunyai kekuatan mengambil risiko serta senang pada tantangan.
· bertingkah laris sebagai pemimpin, bisa bergaul dengan orang lain serta senang pada anjuran serta kritik yang membangun.
· mempunyai inovasi serta kreativitas tinggi, fleksibel, serba dapat serta mempunyai jaringan usaha yang luas.
· mempunyai persepsi serta cara pandang yang bertujuan pada hari esok.
· mempunyai kepercayaan bahwa hidup itu sama juga dengan kerja keras.

pendapat lain m. scarborough serta thomas w. zimmerer ( 1993 ; 6-7 ) mengemungkakan delapan cii-ciriistik yang meliputi :
· mempunyai rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dikerjakannya.
· lebih memilih risiko yang moderat.
· yakin dapat kekuatan dirinya untuk berhasil
· senantiasa menginginkan umpan balik yang segera
· bertujuan ke hari esok, perspektif, serta berwawasan jauh ke depan
· mempunyai motivasi kerja serta kerja keras untuk mewujudkan keinginannya untuk hari esok yang tambah baik.
· mempunyai ketrampilan saat mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah
· senantiasa menilai prestasi dengan duit.

 peran wirausahaan didalam perekonomian nasional
seorang wira usaha bertindak baik dengan internal ataupun eksternal. dengan internal seorang wira usaha bertindak saat mengurangi tingkat kebergantungan pada orang lain, menambah keyakinan diri, dan menambah daya beli pelakunya. dengan eksternal, seorang wira usaha bertindak saat menyediakan lapangan kerja untuk beberapa pencari kerja. dengan terserapnya tenaga kerja oleh peluang kerja yang disiapkan oleh seorang wira usaha, tingkat pengangguran dengan nasional jadi menyusut.
berkurangnya tingkat pengangguran beresiko pada naiknya pendapatan perkapita serta daya beli penduduk, dan tumbuhnya perekonomian dengan nasional. disamping itu, beresiko juga pada berkurangnya tingkat kriminalitas yang umumnya diakibatkan oleh dikarenakan tingginya pengangguran.
seorang wira usaha mempunyai peran amat besar saat melakukan wira usaha. peran wira usaha didalam perekonomian satu negara yaitu :

menciptakan lapangan kerja
kurangi pengangguran
menambah pendapatan masyarakat
mengombinasikan faktor–faktor produksi ( alam, tenaga kerja, modal serta keahlian )
menambah produktivitas nasiona











bab iii
rangkuman serta penutup


a. kesimpulan
1. pengertian kewirausahaan
kewirausahaan yaitu sistem menciptakan suatu hal yang lain gunakan waktu serta aktivitas dibarengi modal serta efek dan terima balas jasa serta kepuasan dan kebebasan pribadi. kewirausahaan yaitu satu sikap mental, pandangan, wawasan dan pola pikir serta pola tindak seseorang pada tugas-tugas sebagai tanggungjawabnya serta senantiasa bertujuan pada pelanggan. atau bisa juga disimpulkan sebagai seluruh tindakan dari seseorang yang dapat berikan nilai pada tugas serta tanggungjawabnya.

2. hakekat kewirausahaan
dari sebagian rencana yang ada ada 6 hakekat mutlak kewirausahaan seperti berikut ( suryana, 2003 : 13 ), yakni : nilai, kekuatan, sistem penerapan kreativitas serta inovasi, usaha, suatu hal yang baru, serta nilai tambah

3. ciri – ciri serta cii-ciriistik kewirausahaan
ada sebagian ciri – ciri serta cii-ciriistik kewirausahaan. tanda-tanda seorang wirausahaan yaitu :
· yakin diri
· berorientasikan tugas serta hasil
· pengambil risiko
· kepemimpinan
· keorisinilan
· bertujuan ke hari esok
· jujur serta tekun

cii-ciriistik kewirausahaan yakni :
· tanggung jawab
· resiko
· percaya
· umpan balik
· prioritas ke hari esok
· motivasi kerja
· prestasi
· ketrampilan.

4. peran wirausahaan didalam perekonomian nasional
Ø menciptakan lapangan kerja
Ø kurangi pengangguran
Ø menambah pendapatan masyarakat
Ø mengombinasikan faktor–faktor produksi
Ø menambah produktivitas nasiona




b. penutup

alhamdulilah berkat peluang yang didapatkan allah swt makalah ini bisa teratasi cocok waktunya. demikianlah yang bisa kami berikan serta catatan didalam makalah ini, bila ada kekurangan maka kami sebagai penulis memohon maaf yang sebesar besarnya dan besar harapan kami untuk memperoleh saran-saran yang berguna.
 

Daftar pustaka :

“anonim”. 2012. pengertian kewirausahaan. di ambil dari http :// www. bisnis-pengertiankewirausahaan. com. pada tanggal 4 maret 2012.
“anonim”. 2009. tanda-tanda kewirausahaan unggul/berhasil. di ambil dari http ://ciri-cirikewirausahaanunggul_berhasil. com. pada tanggal 4 maret 2012.
“anonim”. 2009. ciri-ciri karakter kewirausahaan. di ambil dari http://seo-bantai.blogspot.com/2013/04/contoh-makalah-kewirausahaan-lengkap.html pada tanggal 4 maret 2012.
“anonim”. 2009. kewirausahaan. di ambil dari http ://kewirausahaan-kang_amin. com. pada tangaal 4 maret 2012.
“anonim”. 2012. kewirausahaan. di ambil dari http ://wikipedia. com. pada tanggal 4 maret 2012.
Title : Contoh Makalah Kewirausahaan Lengkap
Description : Contoh Makalah Kewirausahaan Lengkap - contoh makalah kewirausahaan,                                                      MAKALAH KEWIRAUSA...

0 Response to "Contoh Makalah Kewirausahaan Lengkap"

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang cerdas !!!
Jangan menyertakan http://yoursite.blogspot.com
di kotak komentar termasuk dengan syntax a href di dalam kotak komentar.

KOMENTAR DOFOLLOW

Jangan pernah bosan berkunjung kembali.

Terimakasih