4 Kesalahan Utama Saat Menulis di Blog

4 Kesalahan Utama Saat Menulis di Blog
Kesalahan Menulis di Blog – Blog adalah media bagi kita untuk menyampaikan informasi melalui sebuah tulisan untuk umumnya. Ironinya, banyak di antara blogger pemula yang hendak memasuki dunia blogging gagal karena ketidaktahuan mereka terhadap dunia kepenulisan itu sendiri. Berangkat dari fakta itulah semestinya kita mulai belajar tentang apakah tips menulis yang sederhana, tetapi memiliki makna yang kuat sampaipesan di dalamnya mudah tersampaikan keuntuk penyimak.

Ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh blogger ketika menulis untuk blog, antara lain sebagai berikut.

1. Informasi tidak tegas.
Ketika hendak menyampaikan sebuah informasi, kita harus memiliki data yang valid terkait apa yang hendak kita sampaikan. Dukungan data yang akurat akan membuat sebuah tulisan menjadi berisi ataukaya informasi. Jangan sampai kita hanya asal menulis tanpa tahu apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan. Sehingga, penyimak akan merasa bingung untuk menyerap informasi yang hendak mereka dapat.

2. Tidak kronologis.
Keruntutan alur penyampaian informasi juga menjadi penting. Mengapa? Karena yang alur yang baik akan mempermudah penyimak dalam memahami isi bacaan yang ditulis. Mereka seakan larut dalam bacaan sampaiproses transfer informasi berjalan lebih mudah. untuk itu, awali sebuah tulisan yang pengantar, kemudian tuliskan inti pesan yang disampaikan, lalu akhiri yang kesimpulan sebagai penutupnya.

3. Terlalu banyak tulisan.
Jangan pernah berpikir jika semakin banyak tulisan yang dipaparkan akan semakin mempermudah penyimak untuk memahami sebuah pesan. Terlalu banyak kalimat justru akan membuat penyimak menjadi jenuh atauenggan untuk meneruskan membaca. Akibatnya, mereka menjadi tidak fokus ataulupa yang inti bacaannya. Jadi, buatlah tulisan yang seringkas mungkin yang tetap mempertahankan inti dari tulisan tersebut. 200-400 kata adalah jumlah ideal untuk posting untuk sebuah blog.

4. Alay.
Blog memang sarana untuk berekspresi. Kita bebas menuliskan apa saja yang ingin dibagikan keuntuk banyak orang selama tidak melanggar hukum ataunorma, termasuk gaya kepenulisannya. Meskipun demikian, ada saatnya kita harus mencoba untuk menggunakan tata bahasa yang baik saat menulis demi kemudahan penyimak dalam memahami isi bacaan. Jika disuruh memilih, tentu akan lebih mudah memahami isi bacaan yang ditulis formal dariuntuk bacaan alay bukan? Selain itu, gaya kepenulisan juga menunjukan tingkat kedewasaan penulis di mata para penyimaknya.

Menulis itu mudah. Selama kita tekun atauselalu memperbaiki kesalahan, keterampilan menulis pasti akan mudah dikuasai. Cobalah menulis seakan kita sedang berbitips, lalu perhatikan hasilnya.



Tag : 4 Kesalahan Utama Saat Menulis di Blog

kata kunci yang baru dicari : 4 Kesalahan Utama Saat Menulis di Blog

Title : 4 Kesalahan Utama Saat Menulis di Blog
Description : 4 Kesalahan Utama Saat Menulis di Blog Kesalahan Menulis di Blog – Blog adalah media bagi kita untuk menyampaikan informasi melalui sebuah...

0 Response to " 4 Kesalahan Utama Saat Menulis di Blog "

Posting Komentar

Berkomentarlah yang cerdas !!!
Jangan menyertakan http://yoursite.blogspot.com
di kotak komentar termasuk dengan syntax a href di dalam kotak komentar.

KOMENTAR DOFOLLOW

Jangan pernah bosan berkunjung kembali.

Terimakasih