Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google

Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google

Tips atauTrik Pencarian Efektif di Google


Sampai saat ini diperkirakan ada lebih dari satu juta triliun informasi yang terdapat di internet. untuk mencari informasi sesuai yang diinginkan, salah satu tipsnya adalah yang menggunakan bantuan mesin pencari (search engines) seperti Google. Meskipun faktanya terdapat banyak sekali mesin pencari selain Google seperti misalnya Bing, Yandex atau Baidu, namun tetap saja Google yang menjadi primadona, karena dianggap mampu memberikan hasil pencarian yang lebih akurat.
Selain hasil pencarian yang akurat, Google juga memiliki kelebihan lain, yaitu adanya fitur Search Operator. Sesuai namanya fitur Search Operator ini befungsi untuk membantu para pengguna mendapatkan hasil pencarian akurat yang tips menambahkan operator (perintah) dalam bentuk syntax.


Tips & Trik Pencarian yang Google



Melalui artikel inilah kami akan mencoba berbagi tips atautrik dalam melakukan pencarian yang efektif menggunakan search operator untuk mendapatkan hasil pencarian yang relevan yang keywords / kata kunci yang kita ketikan.1. Around
Around akan membantu kita untuk mencari kata yang berada di bagian tengah suatu kalimat. Sebagai contoh, kami ingin mencari kata yang terdapat di lirik lagu bintang kecil.

SyntaxContoh
"query1" around(n) "query2""bintang kecil" around(3) "biru"

Dari contoh diatas, Google akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan situs yang mempunyai format atau pola kalimat sebagai berikut "bintang kecil (kata1) (kata2) (kata3) biru".


2. QuotationJika Kamu ingin mencari informasi mengenai suatu kalimat, maka Kamu perlu mengunakan search operator quotation, agar hasil pencarian sesuai yang Kamu inginkan.
SyntaxContoh
"query""presiden ri pertama adalah"

untuk contoh diatas, Google hanya akan menampilakn hasil pencarian terhadap situs yang di dalam artikelnya mengandung kalimat diatas (urut).



3. SiteFitur Search Operator Site berfungsi untuk memfokuskan hasil pencarian Google untuk satu situs. Hal ini sangat bermanfaat untuk digunakan untuk situs yang tidak dilengkapi yang fitur search / pencarian.
SyntaxContoh
"site:url""site:berguruseo.blogspot.com"

Seluruh artikel ataujuga halaman static untuk blog berguruseo akan ditampilkan untuk hasil pencarian Google.



4. HyphenHyphen atau tKamu penghubung memiliki fungsi untuk mengecualikan sebuah kata, agar situs yang mengandung kata tersebut tidak ditampilkan untuk hasil pencarian.
SyntaxContoh
"-query""jakarta -banjir"

untuk mencari informasi tentang kota jakarta namun Kamu tidak ingin mencari informasi yang berkaitan yang banjir di jakarta, maka gunakan hyphen untuk kata banjir.



5. FiletypeFiletype merupakan search operator yang bisa kita gunakan untuk mencari jenis / format / extension file di Google. Beberapa contoh format yang bisa Kamu gunakan adalah “.pdf”, “.docx”, “.ppt” atau “.xls”.
SyntaxContoh
"filetype:format""dasar seo filetype:pdf"

Salah satu tips paling mudah untuk mendapatkan ebook gratis tentang SEO atau tentang apa saja adalah yang menambahkan filetype:pdf di akhir pencarian ebook yang ingin Kamu download.



6. AllintileAllintile akan membantu kita untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan. Karena hanya situs yang judul artikel yang mengandung kata kunci (query) lah yang akan ditampilkan.
SyntaxContoh
"allintile:query1 query2 query 3""allintile:tutorial memulai bisnis"

untuk contoh diatas hanya situs yang memiliki artikel yang judul "tutorial memulai bisnis" yang akan ditampilkan di hasil pencarian.


tips Menggabungkan Search Operator Google



Trik untuk melakukan pencarian yang efektif selanjutnya adalah menggabungkan berbagai search operator yang terdapat untuk Google. Jadi utnuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat kita bisa menggabungkan 2 atau lebih search operator sekaligus dalam 1 pencarian.

Contoh


site:google.com filetype:pdf allintile:belajar bisnis -online


Syntax diatas akan menampilkan hasil pencarian untuk situs Google yang berkaitan yang bisnis offline karena kita mengecualikan kata online atauhanya halaman yang berisi pdf saja yang ditampilkan di hasil pencarian.kami rasa itu dulu tips atautrik agar efektif dalam melakukan pencarian google yang kami ketahui, selebihnya jika ada


Tag : 6 Tips atauTrik Melakukan Pencarian Efektif di Google












kata kunci yang baru dicari : Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google

Title : Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google
Description : Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google Sampai saat ini diperkirakan ada lebih dari satu juta triliun informasi yang terdapat di ...

0 Response to " Trik Melakukan Pencarian Efektif di Google "

Posting Komentar

Berkomentarlah yang cerdas !!!
Jangan menyertakan http://yoursite.blogspot.com
di kotak komentar termasuk dengan syntax a href di dalam kotak komentar.

KOMENTAR DOFOLLOW

Jangan pernah bosan berkunjung kembali.

Terimakasih