Cara Mengatasi Blue Screen Laptop Windows Berdasarkan Penyebabnya

tips Mengatasi Blue Screen Laptop Windows Berdasarkan Penyebabnya
Blue Screen Windows 8Blue Screen Windows 7Blue Screen Windows XP
Blue Screen Windows 8Blue Screen Windows 7Blue Screen Windows XP

BSOD (Blue Screen Of Death) atau singkatnya disebut blue screen adalah pesan error berwarna biru yang ditampilkan oleh windows jika laptop mengalami kerusakaan tertentu baik dari segi software maupun hardware. untuk para pengguna laptop yang sistem operasi windows, tentu sudah tidak asing lagi yang istilah blue screen, bukan ? blue screen sendiri bisa dibilang sebagai satu masalah yang paling sering dialami oleh para pengguna laptop windows.
Jika, Kamu salah satu 'korban' blue screen, tidak perlu khawatir, karena di artikel ini Kamu akan mendapatkan solusinya. Namun, sebelum kita masuk untuk pembahasan tips mengtasi blue screen ada baiknya kita pelajari dulu apa saja penyebab blue screen untuk laptop beserta pesan error yang muncul.

Penyebab Blue Screen

Sejauh yang kami tahu, setidaknya ada 7 penyebab blue screen untuk laptop windows, ataukabar buruknya kejadian blue screen ini lebih sering dialami oleh pengguna OS Windows XP, tetapi tidak menutup kemungkinan masalah ini juga dialami oleh pengguna Windows 7 atau 8. Beberapa penyebab blue screen diantaranya adalah :
  • PEN_LIST_CORRUPT
    Jika mendapatkan pesan error blue screen yang bertuliskan PEN_LIST_CORRUPT, itu artinya terjadi kerusakaan untuk RAM laptop Kamu.
    Solusi : Beli RAM baru, alternatif lain silahkan coba tips Memperbaiki Ram.

  • DATA_BUS_ERROR
    Terjadi kerusakan untuk motherboard, selain itu pesan error ini juga bisa muncul karena disebabkan kerusakan harddisk, jadi silahkan cek hardware Kamu.
    Solusi : Beli Motherboard / Harddisk baru.

  • UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP
    Blue screen yang pesan error diatas menKamukan bahwa terjadi kerusakan serius di bagian prosesor, salah satu penyebabnya adalah karena overheat (kepanasan).
    Solusi : Ganti hardware jika terjadi kerusakan atau coba diamkan laptop beberapa hari.

  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL
    Pesan error diatas sering muncul untuk pengguna laptop baru lantaran salah menginstall driver saat melakukan instal ulang yang kata lain terjadi ketidak cocokan driver atausistem operasi.
    Solusi : Gunakan driver dari situs resmi yang disediakan oleh produsen laptop Kamu.

  • INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
    Salah satu pesan error blue screen yang paling sering dialami pengguna windows adalah INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE yang diakibatkan oleh kesalah konfigurasi jumper hardisk, namun bisa juga disebabkan oleh virus boot.
    Solusi : Ganti hardware atau install ulang.


Jika boleh jujur sebenarnya masih banyak penyebab blue screen, salah satu contohnya adalah karena suhu yang terlalu panas ataumengakibatkan komponen dalam laptop tidak bekerja seapakah mestinya, tips mengatasi blue screen yang masalah tersebut tentunya yang mengistirahatkan laptop / komputer.

Mengatasi Blue Screen

Ada satu tips paling praktis yang bisa Kamu coba untuk mengatasi masalah layar blue screen yaitu yang melakukan recovery untuk sistem operasi. Fungsi dari recovery ini adalah untuk me-restore / mengembalikan windows ke keaadaan normal (sebelum terjadi error blue screen). Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi blue screen yang tips recovery windows.
  1. Masuk ke Safe Mode

    tips Mengatasi Blue Screen 1

    untuk pengguna windows xp / windows 7 tipsnya adalah yang menekan tombol F8 setips berulang saat booting. Sementara untuk pengguna Windows 8 bisa yang tips masuk ke system configuration (tekan win + r > ketik msconfig > centang safe boot > restart).

  1. Masuk ke Control Panel

    tips Mengatasi Blue Screen 2

    Dalam keadaan safe mode, silahkan Kamu buka Control Panel > System & Security > Action Center > Recovery > Open System Restore.

  1. Klik Next Hingga Selesai

    tips Mengatasi Blue Screen 3

    Setelah mengklik Open System Restore, selanjutnya silahkan Kamu klik next, next ataunext, lalu tunggu hingga proses recovery selesai mengembalikan laptop Kamu dalam keadaan semula sebelum terjadi blue screen.


Selesai hanya itu saja tips mengatasi blue screen, namun jika masih belum berhasil bebas dari blue screen, saran kami silahkan Kamu catat pesan error yang muncul untuk saat terjadi blue screen, lalu cari informasi tentang pesan error tersebut untuk situs yang kredibel.

Mencegah Blue Screen

Pepatah mengatakan 'mencegah lebih baik dariuntuk mengatasi' , atas dasar itulah selain memberikan informasi tips mengatasi blue screen, disini kami juga ingin berbagi tips apakah tips mencegah blue screen untuk laptop.
  • Hindari Overclock
    Biang keladi terjadinya blue screen yang paling sering terjadi adalah dikarenakan overclock yang berlebihan, hal ini jelas berdampak buruk untuk komponen laptop, karena membuat hardware bekerja lebih extra dari biasanya, sampaimengakibatkan suhu di dalam laptop meningkat drastis.

  • Pasang Antivirus
    Selain overclock, penyebab blue screen paling banyak adalah dikarenakan infeksi dari virus. Virus yang dimaksud disini adalah virus boot sector yang menyerang root untuk komputer. tips mengatasi jenis virus ini salah satunya adalah yang memasang antivirus.

  • Install Driver Yang Benar
    Menginstall driver yang salah juga merupakan salah satu penyebab terjadinya blue screen, untuk itu sebelum mendownload ataumenginstall driver pastikan driver tersebut cocok / benar.


Mengganti komponen (hardware) yang sudah berusia tua juga merupakan salah satu tips terbaik untuk mencegah agar tidak terjadi blue screen untuk komputer / laptop windows, karena seperti yang kami katakan diatas bahwa salah satu penyebab bluescreen adalah karena adanya kecacatan untuk hardware.
Lengkap sudah pembahasan tentang Blue Screen untuk artikel kita kali ini, dari mulai tips mengatasi blues screen, penyebab blue screen sampai tips mencegah bluescreen sudah kami informasikan keuntuk, atauitu artinya selesai sudah tugas kami. kami ucapkan selamat mencoba.


Tag : tips Mengatasi Blue Screen Laptop Windows Berdasarkan Penyebabnya





kata kunci yang baru dicari : Cara Mengatasi Blue Screen Laptop Windows Berdasarkan Penyebabnya

Title : Cara Mengatasi Blue Screen Laptop Windows Berdasarkan Penyebabnya
Description : tips Mengatasi Blue Screen Laptop Windows Berdasarkan Penyebabnya Blue Screen Windows 8 Blue Screen Windows 7 Blue Screen Windows XP ...

0 Response to " Cara Mengatasi Blue Screen Laptop Windows Berdasarkan Penyebabnya "

Posting Komentar

Berkomentarlah yang cerdas !!!
Jangan menyertakan http://yoursite.blogspot.com
di kotak komentar termasuk dengan syntax a href di dalam kotak komentar.

KOMENTAR DOFOLLOW

Jangan pernah bosan berkunjung kembali.

Terimakasih