Menghindari Penipuan Belanja Online

Tips Cerdas Menghindari Penipuan Belanja Online

Tips Cerdas Menghindari Penipuan Belanja Online


kami yakin tidak ada satu pun dari Kamu yang ingin menjadi korban penipuan saat belanja online, bukan ? Nah, untuk itulah disini kami ingin mencoba berbagi tips untuk menghindari penipuan saat belanja online, baik melalui online shop, media sosial maupun situs-situs jual beli online lain yang yang ada di internet.
tips untuk mencegah penipuan online di internet sebenarnya tidaklah terlalu susah, bahkan terbilang cukup mudah jika Kamu mengetahui triknya. ataudi artikel ini kami akan mengupas trik agar Kamu terhindar dari penipuan online, tidak banyak trik / tips yang akan kami berikan, karena hanya berjumlah 7 poin.
Apa sajakah tujuh poin untuk menghindari penipuan online ? silahkan baca penjelasan lengkapnya dibawah ini.
1. Cari Informasi Mengenai Nomor Rekening Penjual di Google
tipsnya sangat mudah sekali, Kamu hanya perlu mengcopy nomor rekening penjual, lalu pastekan di kolom pencarian Google, lalu lihat apakah ada yang mempunyai pengalaman buruk saat bertransaksi yang si pemilik ATM tersebut. Jika tidak ada yang memberikan 'review negatif' maka bisa dipastikan penjual tersebut cukup terpercaya.
2. Jangan Mudah Percaya yang Testimonial
Sebenarnya ini lanjutan dari tips menghindari penipuan online untuk poin 1, jadi misal untuk saat mengecek nomor rekening penjual di Google ataumenemukan testimonial positif yang jumlahnya banyak sekali, lantas jangan langsung percaya, Kamu harus benar-benar mengecek keakuratan ataubahasa yang digunakan oleh si pemberi testimonial. Feeling Kamu untuk mencari tahu testimonial tersebut dibuat-buat atau tidak sangat dibutuhkan. Tapi paling tidak yang membaca ataumembandingkan setiap testimonial yang ada, kami yakin Kamu bisa yang mudah melihat keasliannya.
3. Kenali Akun Penjual
Jika Kamu bertransaksi atau jual beli online di Facebook maka Kamu akan menemukan penjual yang menggunakan Fanspage untuk berjualan produk. Tips dari kami jika Kamu menemui penjual seperti itu, usahakan untuk meminta informasi mengenai akun Facebook personal yang digunakan oleh si penjual, dari situ kita bisa melihat rekam jejak dari si penjual, apakah dia benar-benar seorang penjual asli atau hanya akun klonengan yang dibuat untuk menyamarkan identitas aslinya.
4. Gali Informasi Mengenai Akun Penjual
Tips keempat untuk mengantisipasi penipuan belanja online adalah yang menggali informasi mengenai akun-akun yang dimiliki oleh penjual. Sebagai contoh Kamu bertemu pertama kali yang si penjual di Facebook, maka cobalah untuk meminta informasi tentang akun lain yang dimiliki oleh penjual seperti Yahoo! Messenger, WhatsApp, BBM atau akun-akun lain yang tentunya harus sesuai yang nama di ATM. Sebagai seorang penjual profesional, harusnya mereka memiliki banyak akun. Hal ini bisa membantu kita untuk terhindar dari penipuan online, karena kita memiliki banyak data mengenai penjual.
5. Cari Seller yang Label Verified Member
Hampir seluruh situs jual beli online seperti OLX maupun Berniaga kini sudah memiliki fitur Verified Member, sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan label 'verified' untuk akun mereka yang syarat mengirim alamat ataunama asli. Jadi, saat akan melakukan transaksi / jual beli, utamakan untuk memilih penjual yang sudah memiliki label verified, karena data mereka tersimpan di databse situs jual beli online tersebut.
6. Wasuntuki Harga Yang Terlalu Murah
Bukan berarti disini kami tidak melarang Kamu untuk membeli barang yang memiliki harga jauh lebih murah dari harga pasaran, namun kami hanya ingin mengingatkan Kamu untuk mewasuntuki harga yang terlalu miring, tanyakan terlebih dahulu kenapa harga bisa semurah itu, jika alasannya masuk akal, maka kemungkinan kita akan aman, namun jika alasan tidak jelas atauterkesan dibuat-buat, maka kita perlu curiga, solusinya bisa menggunakan Rekber
7. Gunakan Rekber untuk Mengantisipasi Penipuan Online
Rekber merupakan singkatan dari Rekening Bersama. Jadi pengertian Rekber adalah sebuah rekening yang digunakan bersama antara si penjual ataupembeli. Mudahnya, Rekber ini berperan sebagai perantara yang menampung uang dari pembeli atauakan dilanjutkan ke penjual. yang menggunakan rekber maka kedua belah pihak akan merasa diuntungkan.

Pembeli tenang karena yakin tidak akan ditipu Penjual, dan
Penjual senang karena Pembeli pasti akan membayar (tidak hit & run).


untuk menggunakan rekber, tentunya Kamu perlu memesan jasa rekber. Sejauh yang kami tahu, saat ini blackpKamu dari kaskus lah yang memegang status sebagai salah satu rekber terbaik.




Baca Juga




Situs Belanja Online ResmiSitus Belanja Online Resmi
Salah satu tips menghindari penipuan belanja online adalah yang memilih tempat belanja online resmi, baca daftar situs web belanja online resmi Indonesia.



Itulah, tips mengantisipasi penipuan belanja online, tetapi perlu dicatat bahwa tidak ada jaminan yang menjankan ketujuha tips antisipasi diatas Kamu akan benar-benar terbebas dari penipuan online, namun paling tidak tips yang kami berikan diatas, bisa meminimalisir resiko penipuan saat melakukan belanja online.


Tag : Tips Cerdas Menghindari Penipuan Belanja Online

kata kunci yang baru dicari : Menghindari Penipuan Belanja Online

Title : Menghindari Penipuan Belanja Online
Description : Tips Cerdas Menghindari Penipuan Belanja Online kami yakin tidak ada satu pun dari Kamu yang ingin menjadi korban penipuan saat bela...

0 Response to " Menghindari Penipuan Belanja Online "

Posting Komentar

Berkomentarlah yang cerdas !!!
Jangan menyertakan http://yoursite.blogspot.com
di kotak komentar termasuk dengan syntax a href di dalam kotak komentar.

KOMENTAR DOFOLLOW

Jangan pernah bosan berkunjung kembali.

Terimakasih