Memahami Pengertian, Fungsi, Syarat, dan Sejarah Uang

Memahami Pengertian, Fungsi, Syarat, atauSejarah Uang










Saat ini uang merupakan alat pertukaran utama yang digunakan oleh hampir seluruh manusia di muka bumi. Uang memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kehidupan seseorang. Selain itu uang juga sangat identik yang kekayaan serta kekuasaan. Bahkan banyak yang berfikiran segala sesuatu bisa dibeli asal memiliki uang, meskipun kenyataanya tidak demikian. Terlepas dari semua itu, bitips masalah uang tentunya harus memahami dulu apakah itu uang? pengertian uang itu sendiri? serta sejarah uang hingga seperti sekarang ini.


pengertian, fungsi, syarat, atausejarah uang

ilustrasi: Sejarah Uang



  • Pengertian Setips Umum: Setips umum uang merupakan alat tukar yang diterima serta mempermudah proses tukar menukar.

  • Pengertian Berdasarkan Fungsi: Berdasarkan fungsinya uang merupakan benda yang berfungsi sebagai alat pembayaran.

  • Pengertian Berdasarkan Hukum: Berdasarkan hukum uang adalah benda yang telah ditetapkan oleh undang-undang sebagai alat pembayaran yang sah.

  • Pengertian Berdasarkan Nilai: Pengertian uang berdasarkan nilai memiliki pengertian bahwa uang adalah satuan hitung yang dapat digunakan untuk menyatakan nilai.

Pengertian Uang Menurut Ahli


  • A.C Piguo dalam bukunya “The Veil Of Money” yang dimaksud uanga adalah alat tukar.

  • D.H Robertson dalam bukunya Money yang dimaksud yang uang adalah sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang.

  • R.G Thomas dalam bukunya Our Modern Banking menjelaskan bahwa uang   adalah seseuatu yang tersedia atauditerima umum sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barabg ataujasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya.

Baca Juga: Pengertian atauSejarah Komputer



Ada beberapa syarat agar uang dapat digunakan sebagai alat tukar dalam perekonomian. Baik setips teknis maupun setips psikologis. Berikut ini syarat-syarat uang.





  • Acceptability artinya diterima oleh semua kalangan.

  • Durability artinya tahan lama yaitu tidak mudah rudak .

  • Stability of value artinya memiliki nilai tetap, yang dimaksudkan yaitu nilai uang di masa ini memiliki nilai sama di masa mendatang sampaimasyarakat percaya menyimpan uang tidak akan dirugikan.

  • Kontinuitas adanya kelangsungan pemakaian.

  • Portability artinya uang itu bersifat fleksiber praktis mudah dibawa ke mana-mana. sampaiketika pemilik melakukan transaksi besar tidak mengalami kesulitan.

  • Divisibility artinya uang mudah untuk dibagi, maka ketika melakukan transaksi sekecil apa pun, uang mempunyai pecahan ataunilainya tidak berkurang.


Dalam ekonomi modern ada 3 fungsi utama uang yaitu sebagai alat tukar (medium of exchange), sebagai satuan hitung (unit of account), atausebagai penyimpan nilai(valuta).


  • Sebagai alat tukar (medium of exchange) artinya yang adanya uang akan mempermudah pertukaran. yang uang pertukaran tidak lagi harus menggunakan barang pula melainkan digantikan yang uang. sampaikendala-kendala dalam barter bisa diatasi yang adanya uang.

  • Sebagai satuan hitung (unit of account) disini uang berfungsi sebagai penentu nilai berbagai macam barang/jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besarnya kekayaan, ataumenghitung besar kecilnya pinjaman.

  • Sebagai alat penyimpan nilai (valuta) disini uang berfungsi sebagai pengalih daya beli dari masa sekarang ke masa yang akan datang. Ketika seorang penjual saat ini menerima sejumlah uang sebagai pembayaran atas barang ataujasa yang dijualnya, maka ia dapat menyimpan uang tersebut untuk digunakan membeli barang ataujasa di masa mendatang.


Sistem Barter


Zaman dulu kehidupan manusia masih sangat sederhana, untuk masa itu masih belum ada uang. Karena kehidupan masih sederhana manusia memenuhi kebutuhan hanya yang bercocok tanam, berburu, ataubeternak. Agar kebutuhan hidup mereka terpenuhi manusia umumnya tidak melakukan pembelian melainkan yang melakukan barter. Ada yang bertukar hasil bumi yang hasil buruan maupun kebutuhan lainya.


Munculnya Uang


Seiring yang berkembangnya zaman sistem barter mulai ditinggalkan karena banyak merugikan serta kurang praktis. Akhirnya manusia mulai menggunakan benda-benda tertentu sebagai alat tukar seperti garam, kulit kerang, manik-manik, tembaga, ataubenda-benda lainya.


untuk abad ke-17 M sejarah uang pun berubah atausemakin berkembang. Alat tukar yang digunakan pun mulai menggunakan logam. Adapun logam-logam yang digunakan adalah emas atauperak. Semenjak saat itu pertukaran semakin mudah yang menggunakan uang. Seiring berjalanya waktu penggunaan uang logam dari emas atauperak mulai digantikan yang uang kertas.


Baca Juga: Sejarah Internet


Demikian seputar pengertian, syarat, fungsi, atausejarah uang hingga seperti sekarang ini. Ternyata kemunculan uang tidak semerta-merta muncul yang sendirinya. Munculnya uang melalui pemikiran ataupengalihan fungsi-fungsi dari pertukaran hingga menjadi lebih mudah ataupraktis seperti saat ini.







Tagged as:
Asal Usul,
No Gaptek,
Uang



Tag : Memahami Pengertian, Fungsi, Syarat, atauSejarah Uang

kata kunci yang baru dicari : Memahami Pengertian, Fungsi, Syarat, dan Sejarah Uang

Title : Memahami Pengertian, Fungsi, Syarat, dan Sejarah Uang
Description : Memahami Pengertian, Fungsi, Syarat, atauSejarah Uang Saat ini uang merupakan alat pertukaran utama yang digunakan oleh hampi...

0 Response to " Memahami Pengertian, Fungsi, Syarat, dan Sejarah Uang "

Posting Komentar

Berkomentarlah yang cerdas !!!
Jangan menyertakan http://yoursite.blogspot.com
di kotak komentar termasuk dengan syntax a href di dalam kotak komentar.

KOMENTAR DOFOLLOW

Jangan pernah bosan berkunjung kembali.

Terimakasih